"Art of Amirul Mukmineen.."
.
"Tahukah kalian siapa Rajawali Quraisy? Dialah Abdurrahman bin Mu'awiyah Ad-Dakhil, yang telah menyeberangi lautan, menempuh jarak perjalanan yang jauh,  memasuki negeri asing seorang diri, lalu berhasil menguasai berbagai kota, menyiapkan bala tentaranya, mengatur andministrasi, dan mendirikan kembali sebuah kerajaan yang pernah terputus. Jika Mu'awiyah bin Abu Sufyan naik karena sebab 'Umar dan 'Utsman, dan Abdul Malik bin Marwan naik karena menyambut tali baiat yang terurai, atau aku, yang naik karena diminta oleh para kerabat disekelilingku. Namun berbeda dengan Abdurrahman, dia benar-benar melakukannya seorang diri. Dengan mengandalkan inteligensinya yang hebat dan tekad yang kuat, dia berhasil  mengukuhkan kekuasaanya di Andalus (spanyol), memadamkan pemberontakan, memperluas wilayah dan menaklukkan para penguasa."

~Abu Ja'far Al-Mansur (khalifah ke dua Dinasti Abbasiyah) tentang Abdurrahman Ad-Dakhil (pendiri Dinasti  Umayyah II di Andalusia)


Abd al-Rahman I adalah cucu dari khalifah Umayyah ke sepuluh, Hisyam bin Abd al-Malik. Dia merupakan keturunan ke tujuh dari moyangnya yaitu Umayyah. Oleh Karena itu, jelaslah bahwa Abd al-Rahman I masih satu keturunan dengan Nabi Muhammad SAW.

Lengkapnya ‘Abd al-Rahman bin Muawiyah bin Hisyam bin Abd Malik bin Marwan I bin al-Hakam bin Abu al-As al-Rahman bin Umayyah bin Abd Syam bin Abd Manaf. Abdurrahman I lahir di Damaskus pada tanggal 14 Maret 731 M/112 H.

Dia merupakan seorang anak tentara dan pangeran Umayah yang menikahi wanita Berber dari suku Nafza, bernama Raha berasal dari Saba, Maroko. Abd al-Rahman I memiliki saudara perempuan dan seorang adik laki-laki yang bernama Yahya atau biasa dipanggil John, ia meninggal dunia ketika berusia 13 tahun dibunuh oleh tentara Abbasiyah. Sedangkan saudara perempuan tidak diketahui namanya.(Wulan, 2008:39).

Abd ar-Rahman I merupakan seorang yang berperawakan tinggi dan kurus dengan roman tajam seperti rajawali dan rambut merah tipis.

Abd al-Rahman I terbebas dari sifat haus darah seperti yang diwariskan oleh Bani Abbas terhadap dirinya dan anggota keluarganya, oleh karena itu dalam setiap kemenangan yang diperolehnya dia bersikap murah hati, penuh maaf, dan toleransi terhadap musuhnya. Namun lain halnya bila diperlukan juga dapat keras dan bahkan kasar. Hukumannya tidak pernah melewati batas kekejaman. Akan tetapi sebanding dengan perbuatan jahat yan dilakukan .(Wulan, 2008:50).

Abd al-Rahman I mempunyai sifat yang bersahaja puas dengan julukan sederhana yaitu “Keturunan para khalifah” dari pada julukan amir al-Mukminin yang lebih mewah.

Abdurrahman ad-dakhil adalah orang yang memiliki pandangan yang sangat luas, meliputi kawasan Andalusia, bahkan meliputi wilayah eropa..Menjadi seorang pemimpin besar tidak mudah didapatkan oleh Abdurrahman I. Banyak sekali rintangan-rintangan yang harus dihadapinya baik itu dari kalangan masyarakat maupun dari Bani Abbasiyah.

Kedatangan Abdurrahman I khususnya beserta umat muslim lainnya sangat disambut hangat oleh para penguasa apalagi oleh penduduk disana. Hal itu disebabkan oleh keadaan politik yang sedang kacau yang membuat penduduk setempat tidak menyekui penguasa saat itu.Kedatangannya membuat suasana baru yang nyaman untuk ditinggali.Ia pun sangat memberi peran penting dalam kejayaan islam di Andalusia. Tepatnya pada saat pemerintahan di Andalusia mengalami kekacauan karena penguasanya yakni Yusuf al-Fihri. Sering kali pemberontakan dilakukan oleh Yusuf al-Fihri yang ditujukan kepada Abdurrahman I. Namun dengan kemampuannya Abdurrahman I bias menggulingkannya. Setelah ia dapat menggulingkan Yusuf al-Fihri, banyak kelompok yang mendukung dan menyokong Abdurrahman I.

Setelah kemenangan Abdurrahman bin muawiyah dalam pertempuran al-musharah dan ia berhasil memasuki cordova, ibu kota Andalusia ketika itu,Abdurrahman bin muawiyah pun digelari sebagai “ Abdurrahman ad-Dakhil” (Abdurrahman sang pendobrak masul al-Andalus) karena dialah orang pertama dari kalangan bani umayah yang masuk kesana sebagai pemimpin. Ia mempunyai sangat banyak jasa terhadap Islam di negeri Andalusia.

Masa masuknya Abdurrahman I ke cordova kemudian dikenal sebagai periode keemiran umayyah, yang dimulai sejak tahun 138 H (755 M) dan berakhir 316 H (928 M). disebut keemiran karena saat itu Andalusia telah terpisah dari kekhilafahan islam , baik yang ada di masa kekhilafahan abbasiyah ataupun yang ada sesudahnya hingga akhir masa Andalusia.ia akan bersikap keras jika hal itu memang harus dilakukan, namun ia tidak memprioritaskan hal itu. Karena ia sadar bahwa kekerasan bukanlah satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah.sikap yang ia miliki tidak hanya diterapkan dalam kehidupannya di rumah atau di lingkungan masyarakat melainkan dalam kepemimpinannya.Inilah yang menjadi salah satu keistimewaannya dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembeda diantara keturunan Umayyah lainnya.

Keadaannya yang berada diantara perbedaan, mendorongnya untuk bersikap toleransi dan tidak membeda-bedakan lapisan masyarakat yang ada.



Komik Islami Lainnnya:

Komik Islami Anak Senyum
Komik Nasehat Islami Adab Menguap
Jangan Marah - Komik Islami Bergambar
Parno Karena Batuk Corona
Komik Islami Doa Pejuang Nafkah
Komik Islami Muslimah Memanah Dan Tahajud
Komik Islami Hidup Bahagia

Komik Islami Nasehat Dan Renungan
Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Yang Sebenarnya
Komik Pahlawan Islam Anas bin Nadhar
Komik Mantan Napi Berulah Lagi
Bantuan Dari Allah Saat Kesulitan
3 Hal Yang Dilakukan Saat Bangun Untuk Sahur
Kenapa Dia Begitu Cinta Al-Qur'an

Hindari Berkata Kotor
Perang Melawan Hawa Nafsu
Jangan Mencari Keburukan Orang
Komik Islami Tentang Cinta
Jomblo Halu Kepengen Punya Istri
Komik Islami Pakai Yang Kanan
Komik Islami Simple

Jangan Benci Muslimah Bercadar
Waspada 3 Pintu Menuju Neraka
Kalau Sholat Jangan Lari Larian
Perlunya Kerjasama Dalam Rumah Tangga
Baju Koko Vs Jersey - Komik Islami
Dunia Hanya Sementara
Komik Islami Bahasa Inggris

Komik Islami Tarawih Surat Pendek
Kisah Pendek Khutbah Jum'at
Menunggu Punahnya Corona
Komik Pendek Islami
Jangan Pernah Menunda Ibadah
Komik Islami Hitam Putih


Selamat Membaca.. Bantu Kami Dengan Donasi.. Dengan Kontak Businessfwj@gmail.com